Kosmetik Halal Terbaru – Menggunakan kosmetik adalah hal yang penting untuk seorang wanita. Penggunaan kosmetik yang tepat, tidak hanya dapat merawat kulit, namun juga dapat mempercantik penampilan diri.  Maraknya peredaran kosmetik yang ada di pasaran saat ini, membuat Anda para wanita muslim harus lebih waspada ketika memilih dan menggunakan produk kosmetik tersebut. Salah memilih produk kosmetik, tidak hanya membuat kulit jadi rusak, namun juga berkaitan langsung dengan ibadah yang akan dilakukan.

Alasan mengapa harus menggunakan kosmetik halal

Jika pihak BPOM bertanggung jawab terhadap konsumen, dengan tidak mengizinkan penggunaan aneka bahan-bahan kimia berbahaya, dalam produk kosmetik tersebut. Sedangkan pihak MUI juga bertanggung jawab terhadap halal atau tidaknya sebuah produk kosmetik tersebut. Karena hal ini berkaitan erat dengan nilai ibadah, yang akan dilakukan oleh seorang wanita muslimah. Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita muslim sebaiknya memilih dan menggunakan kosmetika halal, antara lain :

  • Diantara berbagai produk kosmetika yang ada saat ini, ada beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang dinyatakan haram dan juga najis. Antara lain babi dan aneka turunanya, serta kandungan bahan lainnya. Kandungan seperti ini, tidak banyak diketahui oleh Anda para wanita muslim. Masuknya kandungan ini ke dalam produk kosmetik yang akan digunakan, tentunya berpengaruh terhadap halal atau tidaknya produk kosmetik tersebut, dan hal ini tentunya berkaitan ketika seorang muslim beribadah. Ibadah yang dilakukan jadi tidak maksimal hasilnya.
  • Tidak hanya masalah bahan, namun terkadang proses pembelian bahan, proses penyimpanan bahan, serta proses produksi kosmetik, juga turut luput dari perhatian para wanita muslimah. Hal-hal seperti ini tentunya berkaitan erat dengan proses pembuatan kosmetik tersebut. Jika proses tersebut, baik, maka hasil produk yang akan dibuat juga baik.
  • Apabila hal-hal seperti ini tidak diperhatikan dengan baik, lalu kandungan dalam produk kosmetik tersebut terserap oleh kulit, dan masuk melalui jaringan darah. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.
  • Kosmetik Halal Terbaik

Itu sebabnya, mencari dan menggunakan aneka produk kosmetik berlabel halal dinilai penting. Agar kosmetik yang digunakan aman dan pastinya ibadah yang dilakukan hasilnya maksimal.

Pentingnya mengetahui daftar kosmetik halal terbaru

Saat ini memang banyak sekali produsen kosmetik yang sudah mengajukan diri, untuk memperoleh serifikasi halal dari pihak MUI.  Sebagian dari produsen kosmetik tersebut sudah mengantongi lisensi halal. Ada beberapa produsen yang mencantumkan lisensi yang diberikan, ada juga yang tidak mencantumkannya.

Pihak MUI yang mengeluarkan lisensi halal ini, tidak hanya menerbitkan label halal untuk sebuah produk kosmetik saja, namun juga turut menjaga dan meneliti ulang, bagimana kosmetik tersebut beredar di pasaran, apakah tetap stabil dan menggunakan formula awal, atau telah dikembangkan. Hal-hal ini selalu dikaji ulang, untuk memberikan rasa aman bagi para wanita muslimah, ketika menggunakan produk kosmetika halal tersebut. Jika terindikasi, bahwa produk kosmetik yang telah beredar tersebut, kini menggunakan beberapa bahan yang dinyatakan haram, maka produk tersebut akan ditarik dari peredaran.

Informasi seperti ini, tentunya penting untuk Anda para wanita muslim ketahui. Karena ada kalanya proses penarikan ini tidak dipublikasikan melalui media masa, melainkan dipublikasikan langsung di web MUI. Informasi seperti ini diberikan secara berkala oleh pihak MUI, setiap 2 tahun sekali.

Teknik mengetahui daftar kosmetik halal terbaru

Lalu bagaimana teknik mencari tahu daftar kosmetik halal terbaru, yang dikeluarkan oleh pihak MUI.

Seperti diketahui bersama saat ini ada banyak sekali berita yang beredar bahwa produk kosmetik tertentu dinyatakan haram atau diragukan kehalalannya.  Informai seperti ini tentunya cukup membingungkan dan juga membuat para wanita muslim, jadi ragu menggunakan priduk kosmetik halal tersebut.

Sebenarnya cara untuk mengetahuinya tidak sulit. Anda dapat mencari tahu di web MUI. Anda hanya perlu mencantumkan nama produk kosmetik halal yang dimaksud, dan jika nama produk tersebut muncul, artinya produk tersebut masih termasuk kategori halal. Jika nama produk tersebut tidak muncul, bisa diindikasikan, bahwa kehalalan produk tersebut telah dicabut, untuk kemudian dikaji ulang.

Mencari dan menggunakan produk kosmetika yang baik, tidak hanya membuat Anda para wanita muslimah merasa aman dan nyaman menggunakannya, namun membuat hati tentram, ketika beribadah.

Call Now
WhatsApp